Jl. Kompol Bambang Suprapto No.2-A, Baciro, Yogyakarta, Indonesia
Call Us Today: +62274-562214

Company History

Sidebar

Kami ada sejak 1918 di Yogyakarta

Taru Martani merupakan perusahaan cerutu legendaris yang memiliki sejarah panjang. Menjadi bagian dari Yogyakarta, Taru Martani adalah pabrik cerutu yang benar-benar memahami pentingnya menjaga tradisi. Meskipun telah beberapa kali berpindah kepemilikan, melewati zaman perang, bahkan pernah direlokasi, namun konsistensi campurannya tidak banyak berubah. Sejak didirikan pada tahun 1918, Taru Martani telah berganti nama beberapa kali. Pertama dikenal sebagai N.V. Negresco lalu Jawa Tobacco Kojo dan akhirnya bernama Taru Martani, yang berarti daun kehidupan.

1918

Berdirinya Perusahaan

Perusahaan ini awalnya didirikan bernama N. V. Negresco oleh pembuat rokok Belanda di Bulu, di sepanjang jalan Magelang.

1921

Perpindahan Lokasi Perusahaan

N. V. Negresco dipindahkan ke Baciro, Argolobang hingga saat ini.

1942

Diambil Alih Pemerintah Jepang

N. V. Negresco diambil alih oleh pemerintah jepang dan diganti namanya menjadi “Jawa Tobacco Kojo”.

1949

Identitas Baru

Setelah jatuhnya Jepang, pabrik ini diberi identitas baru, Taru Martani, yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono HB IX.

1952

Mulai Menggunakan Merk

Perusahaan mulai secara resmi menggunakan nama merek.

1972

Bergabungnya Perusahaan Asal Belanda

Sebuah perusahaan Belanda, Douwe Egberts, menjalin kemitraan bersama dengan pemerintah daerah Yogyakarta. Seiring dengan waktu, merek-merek produk juga mulai bermunculan, seperti Adipati, Ramayana, Mundi Viktor, Senator dan Panter.

1986

Pengunduran Diri Perusahaan Belanda

Douwe Egberts mengundurkan diri dari perusahaan dan mengembalikan status hukum perusahaan Taru Martani ke pemerintah daerah Yogyakarta.

2012

Perubahan Status Badan Hukum

Akte Perubahan Status Hukum menjadi PT (Public Company) dengan bidang usaha aneka usaha (produksi cerutu, tembakau iris, pengolahan & perdagangan, distribusi ).

2015

Diversifikasi Usaha

Mulai menjalankan diversifikasi usaha diawali dengan usaha briket arang untuk pasar export.

Bisnis Taru martani telah berkembang di seluruh dunia. Produk kami dapat ditemukan di negara-negara seperti Belanda, Republik Ceko, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Perancis, Swiss, Australia, negara-negara Asia dan Timur Tengah.

Pengalaman kami dalam keahlian bisnis cerutu, telah menciptakan komunitas pecinta cerutu dan pelanggan setia di luar negeri.